Rabu, 15 Oktober 2014

Android Lollipop dan Lima Fitur Utamanya

Pencinta Android tentunya sudah tidak sabar menantikan kehadiran Android 5/4.5 atau Lollipop. Versi teranyar sistem operasi paling populer sejagat raya ini diharapkan menghadirkan beragam inovasi anyar dan canggih. Berikut ini lima bocoran fitur utama Lollipop yang dirangkum oleh International Business Times (IBT).

Dapat Digunakan di Prosesor 64-bit
Lollipop dapat digunakan di perangkat dengan prosesor 64-bit seperti Snapdragon 808 dan Snapdragon 810. “Jika ingin membuktikan performa sistem operasi ini, gunakanlah perangkat dengan arsitektur prosesor yang cepat,” tulis IBT, Rabu, 25 Juni 2014.

Pembaruan pada Google Now
Fitur asisten pribadi Google Now tampak usang ketika Apple memperbarui fitur serupa--Siri--dan Microsoft menghadirkan Cortana. Lewat Lollipop, Google pun melakukan inovasi dengan mengintegrasikannya ke beragam perangkat. Google Now nantinya dapat terhubung ke aksesori wearable dan perangkat pintar lain.

Fitur Kesehatan
Fitur ini dapat mengumpulkan data aktivitas olahraga penggunanya. Data kemudian dapat terkoneksi dengan perangkat lain, salah satunya lewat platform wearable, Android Wear. Ini sekaligus menantang fitur serupa yang akan hadir di iOS 8 buatan Apple, HealthKit.

Sistem Keamanan Data
Google rupanya ingin mengubah reputasi keamanan Android yang selama ini dikenal buruk. Kabarnya akan ada sistem keamanan khusus untuk melindungi pengguna, jika ponsel atau sabak digitalnya dicuri. "Meskipun belum ada penjelasan secara detail, nantinya pengguna tetap dapat mengakses data yang ada di perangkat," tulis IBT.

Sistem Keamanan Berbasis Suara
Ketika produsen perangkat bergerak berlomba-lomba menghadirkan fingerprint, Google berinovasi lewat sistem keamanan berbasis suara. Pengenalan suara dinilai lebih efektif dibanding sidik jari.

Sebenarnya, pengenalan suara sudah digunakan dalam beberapa tahun terakhir. Namun bagi ponsel pintar, ini diklaim sebagai yang pertama kali digunakan. Sensor akan secara otomatis mengirimkan perintah untuk membuka menu utama serta mengunci akses di ponsel.

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2014/06/26/072588107/Ini-Lima-Fitur-Utama-di-Android-Lollipop

Dibuat oleh Galih Dea Pratama

0 komentar: