Minggu, 05 Oktober 2014

Resume Kepemanduan 8 (HACHI)

Ketika memasuki gedung pertemuan jurusan IF di gedung E lantai 3 dengan membawa kertas bertuliskan kelompok kepemanduan mahasiswa baru Informatika, aku mencari-cari dimana kelompok kepemanduanku duduk dan berkumpul. Akhirnya, setelah mendapatkan informasi dari teman-teman sejurusan (lebih tepatnya, nguping), ternyata aku sudah duduk di barisan yang benar dan mulai berkenalan dengan teman-teman kelompokku, yaitu kelompok kepemanduan 8 Informatika Undip selama masa PMB ini.
Siang hari setelah acara pengenalan jurusan di ruangan tadi, masing-masing kepemanduan dikumpulkan bersama kakak pemandu masing-masing kepemanduan. Seharusnya yang datang adalah Kak Cica dan Kak Ofa, namun karena mereka berdua berhalangan hadir karena mengikuti KKL, maka sementara digantikan oleh Kak Bagas.
Mulailah kami memperkenalkan diri kami masing-masing. Masih ada rasa malu dan canggung, maklum masih awal dan kami belum begitu mengenal satu sama lain. Kepemanduan 8 sebenarnya berisikan 9 anggota yang diketuai oleh Zulfikar, beranggotakan Galih, Zaki, Wila, Johan, Rio, Farid, Fauzia, dan Dado. Namun, karena Fauzia diterima di salah satu universitas ikatan dinas di Jakarta (STAN), dia memilih STAN dan akhirnya meninggalkan Informatika Undip, terutama kelompok kepemanduan 8.
Kami berkenalan dan akhirnya kami memutuskan untuk memberi nama kepemanduan 8 yaitu HACHI. Artinya sih hanya angka delapan yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang, itu kata Wila. Simpel tapi bagus namanya.
Hari silih berganti, saatnya kami berkumpul kembali. Kali ini berbeda karena kakak pemandu kami (yang asli) sudah kembali dari KKL. Kami berkumpul bersama Kak Cica dan Kak Ofa, di Masjid Kampus Undip. Kami mulai memperkenalkan diri (lagi) kepada kakak pemandu kami itu.
 Setelah perkenalan itu, kami mulai membahas materi pertama kepemanduan, yaitu PKM yang merupakan singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa. Kami dibagi menjadi dua kelompok PKM, kelompok A terdiri dari Zulfikar, Zaki, Wila, dan Farid, sedangkan kelompok B terdiri dari Galih, Johan, Rio, dan Dado. Setelah itu Kak Cica dan Kak Ofa mulai menjelaskan secara rinci apa itu PKM dan cara membuat proposal PKM yang baik dan benar.
Selama beberapa hari kedepan, kelompok kami mulai membahas masalah proposal PKM. Kami saling membantu supaya bisa menyelesaikan proposal PKM dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan.
Beberapa hari kemudian, kami berkumpul lagi untuk membahas materi baru kepemanduan, yaitu tentang etika di kampus, karena banyak sekali teguran yang diterima dari kakak tingkat masalah etika tersebut.
Kira-kira seminggu kemudian, kami berkumpul lagi di siang hari, tepatnya pukul 12 siang, untuk foto kepemanduan, karena foto kepemanduan kami yang pertama masih dirasa kurang, karena kakak pemandu kami (Kak Cica dan Kak Ofa) tidak hadir disaat kumpul perdana dahulu kala. Setelah berkumpul, kami bersama Kak Cica dan Kak Ofa menuju ke dekat sumur depan Dekanat FSM untuk berfoto kepemanduan disana.
Seusai foto, kami akhirnya berpisah untuk menjalani kuliah masing-masing karena kelas kami yang berbeda-beda. Kami berharap bisa terus berkumpul satu kepemanduan lagi. Kami HACHI akan selalu kompak, aktif, kreatif demi Informatika Undip, kapanpun dan dimanapun. Informatika Jaya!!

0 komentar: